Thursday 21 March 2019

I. Judul Praktikum
Jaringan Beda Kelas


II. Teori Singkat
Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer : Local-area Network (LAN)
Tujuan dari jaringan computer gar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
- Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
- Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
- Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.


III. Tujuan Praktikum
Untuk mengetahui jaringan beda kelas


IV.  LAB SET UP
Adapun yang diperlukan dalam melakukan praktikum ini adalah :
- PC
- Software Cisco Packet Tracer


















V. Langkah-Langkah pengenalan hardware komputer

1. Buka Cisco Packet Tracer, lalu buat topologi seperti gambar dibawah ini.





















2. Klik Router0 - Config - GigabitEthernet0/0. Isi IP Address 192.168.1.20, lalu Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya.




3. Setelah itu lanjut ke GigabitEthernet0/1. Isi IP Address 10.252.11.0, lalu Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Lalu klik tanda X.


4. Setelah itu klik PC0. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.10 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.




5. Setelah itu klik PC1. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.11 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.



6. Setelah itu klik PC2. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.12 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.


7. Setelah itu klik PC3. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.2 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.




8. Setelah itu klik PC4. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.3 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.






















9. Setelah itu klik PC5. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.4 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.

























10. Setelah itu klik tanda Pesan seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.



11. Setelah diklik, klik PC3 dan PC5, bila berhasil akan muncul tulisan "Successful" dikolom kanan bawah seperti gambah dibawah ini.




12. Ulangin dengan PC0 dan PC5, bila berhasil akan muncul tulisan "Failed" dikolom kanan bawah seperti gambar dibawah ini.






VI. Kesimpulan


Hasil perhitungan daya dukung tiang dengan menggunakan tiga metode pengujian, yaitu pengujian CPT, dan parameter hasil laboratorium, didapatkan nilai daya dukung tiang yang baik adalah dari pengujian CPT, sebab dalam perhitungan nilai yang didapat dari pengujian CPT adalah rata-rata atau hampir sama nilainya, sedangkan dari pengujian laboratorium nilainya yang terlalu kecil sehingga tidak ekonomis dalam perencanaan pondasi.



No comments:

Post a Comment